Sejarah Singkat MTs Rahmatul Asri

Madrasah Tsanawiyah Rahmatul Asri merupakan salah lembaga pendidikan formal (satuan pendidikan) yang tergolong masih sangat muda dibandingkan dengan satuan pendidikan yang ada di lingkungan PPM Rahmatul Asri, seperti SMP Rahmatul Asri dan SMA Rahmatul Asri, hanya MA Rahmatul Asri yang lebih muda dari MTs Rahmatul Asri.

MTs Rahmatul Asri didirikan pada tahun tahun 2012 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang  Nomor 135 Tahun 2012 dan Piagam Pendirian Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Enrekang Nomor 123 Tahun 2019.

MTs Rahmatul Asri didirikan setelah pihak Yayasan dalam hal ini Ketua Yayasan H. A. Malik B. Masry mendengar masukan dari berbagai pihak dan orang tua/wali santri, serta masyarakat agar Yayasan Rahmatul Asri mendirikan satuan pendidikan formal yang berafiliasi ke kementerian agama, mengingat sejak PPM Rahmatul Asri berdiri, Yayasan baru mengelola lembaga pendidikan formal yang berafiliasi ke kemendikbud/kemdiknas, yaitu SMP dan SMA Rahmatul Asri.

Yayasan Rahmatul Asri menyambut baik usulan tersebut, kemudian melakukan studi kelayakan dan konsultasi ke pihak-pihak terkait seperti kementerian agama kabupaten Enrekang, kanwil Kementerian Agama Sul-Sel, pemerintah daerah kabupaten Enrekang, tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah setempat, serta kepada pengasuh dan pembina PPM Rahmatul Asri. Setelah itu, Yayasan Rahmatul Asri memutuskan untuk mendirikan MTs Rahmatul Asri dan membuat surat permohonan Ijin Operasional kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang.

Sejak awal berdirinya MTs Rahmatul Asri mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari  segi kualitas dan kuantitas peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah calon peserta didik baru dari tahun ke tahun, nilai akreditasi dari BAN S/M, sarana dan prasarana serta prestasi peserta didik dan lain sebagainya.

Kuantitas dapat dilihat dari jumlah rombel yang dari tahun ke tahun meningkat. Di tahun pertama hanya 1 rombel kemudian berkembang sampai 12 atau 13 rombel sampai sekarang. Minat masyarakat dapat dilihat dari jumlah calon peserta didik yang awalnya hanya berkisar 20 s/d 30 orang, berkembang sempai sekitar lebih 100 orang calon peserta didik. Jumlah peserta didik MTs Rahmatul Asri per tahun 2021 adalah 304 orang yang terbagi dalam 12 rombel.

Dari segi kualitas pengelolaan MTs Rahmatul Asri juga mengalami perkembangan, hal ini dapat dilihat dari nilai akreditasi yang dilakukan oleh BAN S/M. Nilai akreditasi MTs Rahmatul Asri yang awalnya adalah B, kemudian meningkat pada tahun 2016 dengan nilai A. Pada tahun 2021 MTs Rahmatul Asri kembali masuk daftar akreditasi dan telah melalui proses, sis menunggu hasil akhir dari BAN S/M Sulawesi Selatan.

Keberhasilan MTs Rahmatul Asri dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dan pendidikan tidak lepas dari peranan dan bantuan semua pihak, terutama pihak yayasan, pihak pondok, orang tua/wali, peserta didik, guru, pembina, tenaga kependidikan, masyarakat sekitar, dan tentu peranan kepala madrasah sebagai top manager yang bertanggung jawab langsung.

MTs Rahmatul Asri telah dipimpin oleh beberapa kepala madrasah sejak pertama didirikan, dimulai dari Ustadz Dr. H. Rukman A. Rahman, MA. selaku kepala madrasah pertama kemudian dilanjutkan oleh Dr. KH. Amir Mustafah, Lc, M.Pd.I, kemdian Ust. Mursidin, S.S., M. Pd.I,  dan Ibu Dra. Hj. Siti Fakhirah, S. Sejak tahun 2019 MTs Rahmatul Asri dipimpin oleh Salahuddin, S.S., M.Pd.I. sampai sekarang.